Setiap pagi selalu aku mendengarkan suara khas dari seorang nenek yang menjajakan dagangannya. Beliau pagi-pagi sekali pergi ke tempat orang-orang yang selalu membuat kue basah dan gorengan, ketika matahari mulai bersinar maka beliau pun mulai berkeliling untuk menjual makanan yang beliau ambil ketika matahari belum terbit. Untuk beberapa kali, saya sering menanti beliau untuk membeli kue dan gorengan.

Ketika saya memanggil karena hendak membeli, beliau senantiasa mengucap hamdallah. Ketika saya memilih makanan yang akan dibeli, beliau ramah sekali. Banyak hal yang beliau ceritakan bahkan tanyakan. Ketika ada sesuatu yang membuat beliau takjub, segera beribu ucapan do’a dipanjatkannya. Saya kagum terhadap nenek-nenek ini, pekerja keras serta ramah kepada setiap pembeli.

Saya malu, sebagai seorang wanita yang masih muda belum bisa bekerja keras dan beramah tamah seperti beliau. Nenek, walaupun kau bukan nenek saya namun saya berharap kelak engkau akan mendapatkan kebahagiaan nyata melalui semua kerja keras dan kebaikanmu. Aamiin

Darimu, aku belajar banyak.🙂