Amplop Kelulusan UN

Amplop Kelulusan UN

Seminggu yang lalu, tepat di hari senin tanggal 26 April 2010 adalah hari yang paling menegangkan bagi semua siswa-siswi kelas 3 SMA se-Indonesia. Dimana hari itu adalah pengumuman hasil UN. Ketegangan mulai saya rasakan seminggu sebelum tanggal 26. H-2 isu-isu mulai beredar, hampir semua teman menanyakan hal yang sama kepada saya “dapet info tentang kelulusan gak? sekolah kita ada yang ngulang gak ya?”, rasanya pertanyaan itu sudah bosan saya baca. Karena kala itu saya sendiri tak tahu apa-apa, bertanya pada guru pun tak ada yang memberi jawaban pasti semuanya menyarankan agar kita menunggu hari senin saja. Rasa cemas bergelut di diri saya, was-was karena takut ada kekeliruan saat pengerjaan tapi di sisi lain saya penasaran dengan hasil UN rasanya ingin cepat menerima amplop di tangan dari Pak Pos.

Beruntungnya aku di tanggal 25 April 2010, waktu itu ba’da magrib. Saya awalnya away dari depan lappy karena melaksanakan sembahyang magrib, tiba-tiba ketika saya duduk depan lappy dan on kembali di YM teman saya memberi kabar gembira walau cara menyampaikannya dia buat dengan dramatis. Ini adalah sebagian rekaman percakapan saya dengan teman di YM (nama dan ID saya samarkan demi kenyamanan bersama🙂 ):

Friend : mimpi buruk
me : maksud?
me : baru bangun tidur?
Friend : jgn ksh tw syp2
Friend : yaaa
me : apa?
me : as jadi takut
Friend : tpi
Friend : dont tell to another person
me : ok
Friend : anak bahasa smw
me : apa?
Friend : lulusssssssssssssssss
me : ih anak bahasa kunaon?
me : alhamdulillah

Jujur, saat saya tahu bahwa kelas saya lulus semua saya setengah percaya dan tidak percaya. Saya tak berani langsung mengabari teman-teman, saya hanya mengirimkan sms kepada mereka denga isi saling mengingatkan agar tetap yakin untuk hasil esok. Dan ketika malam saat saya masih berselancar di dunia maya, guru saya yang kini pindah ke sekolah lain memberikan selamat atas kelulusan kelas Bahasa. Disana saya baru percaya dan saya baru berani memberi kabar kepada teman-teman. Kami bahagia namun di sisi lain kami sedih karena beberapa teman kami di program IPA da IPS ada yang mengulang. Namun kami yakin ini semua adalah jawaban yang terbaik.

Surat Kelulusan UN

Surat Kelulusan UN

Kebahagiaan mulai nyata ketika amplop kelulusan itu saya buka sendiri dengan pernyataan “LULUS”.

SKHUN

SKHUN

Ketika kelulusan telah diraih dengan nilai yang cukup baik saya sungguh sangat bersyukur kepadaNya, usaha dan do’a yang selama ini dilakukan tidaklah sia-sia karena berbuah kebahagiaan. Namun kata ‘LULUS’ itu adalah sebuah awal untuk saya menuju gerbang baru, disana lebih banyak rintangan yang akan saya hadapi. Karena kini saya tengah berpindah, naik pada satu tingkatan yang lebih tinggi.

Perjuangan awal tengah menanti saya di tanggal 06 Mei 2010. Harapan saya selanjutnya adalah lulus di UM UPI 2010, aamiin…

Kartu UM UPI 2010

Kartu UM UPI 2010

Saya tahu Tuhan akan memberi yang terbaik untuk saya.