Kakak dan adik. Adalah insan yang beruntung karena mereka merupakan teman bermain yang abadi, teman curhat yang senantiasa setia berbagi suka dan duka, konsultan yang siap siaga, penjaga yang peka dengan keadaan. Semua itu dapat kita temukan dari saudara kandung kita. Sedari kecil selalu bersama, melakukan berbagai macam hal yang begitu menyenangkan.

Kakak dan adik itu tak dapat dipisahkan, karena sudah menjadi suratan takdirNya. Tapi terkadang aku merasa bingung dengan beberapa yang aku saksikan. Setelah kakak dan adik beranjak dewasa, nampaknya mereka acuh. Salah satu diantara mereka lebih mementingkan ego dibanding memikirkan tali persaudaraan yang semestinya tak harus diwarnai dengan keacuhan seperti orang yang baru kenal. Bukankah sewaktu kecil mereka bersama? Dibesarkan oleh orang tua yang sama, tinggal dalam satu rumah, berbagi dalam suka dan duka, melakukan segala hal bersama, dan jika salah satu ada yang pergi pasti yang lain merasakan sedih dan ingin bertemu. Tapi mengapa sekarang mereka seperti bukan saudara lagi? Nampak seperti teman yang baru kenal. Tidakkah mereka mengingat masa lalu yang begitu indah? Kenapa diantara mereka harus mendahulukan egonya?

Andai aku bisa merubah semuanya menjadi seperti dulu, selalu ada kedamaian dan kebersamaan yang tak ternilai harganya. Mungkin dunia yang gemerlap telah mengubah salah satu diantara mereka menjadi angkuh dan enggan tuk mengenal saudaranya yang hanya penuh dengan keterbatasan dunia. Aku hanya bisa berharap suatu saat mereka bisa kembali bersama seperti dulu, jika aku bisa aku akan angkat bicara tanpa mengurangi rasa hormatku terhadap mereka.

Semua itu adalah sebuah pelajaran untukku dan kedua saudaraku. Karena sesungguhnya kami adalah insan-insan yang ditakdirkan tuk bersama melewati semua rintangan demi membahagiaakan kedua orang tua dan menjalankan titahNya.

Kebersamaan antara adik dan kakak itu bukan tuk sementara, namun untuk selamanya. Meski telah memiliki keluarga masing-masing dan kesibukan pribadi. Tapi satu hal yang harus diingat, tali persaudaraan itu erat sekali dan tak dapat terpisahkan oleh apapun.

Sumber gambar.🙂