Ujian Nasioanl!!!

22 Maret 2010 adalah Ujian Nasionalku di bangku SMA ini. Penentuanku selama 3 tahun.

Hemh… Kalau tidak salah dengar, katanya kelulusan sekarang tergantung sekolah. Apa benar? Aku tidak begitu mengikuti perkembangan isu mengenai UN, yang aku fokuskan adalah bagaimana caranya aku bisa lolos dari rintangan terakhir itu.

Bagi aku pribadi, UN itu kurang adil. Selama 3 tahun di SMA aku belajara begitu banyak pelajarang, di jurusan yang aku pilih yaitu jurusan Bahasa ada 13 mata pelajarang yang aku pelajari selama 2 tahun. Namun kenyataannya hanya 6 pelajaran saja yang dijadikan patokan lulus atau tidaknya siswa dari jenjang SMA. Selain itu hanya ditentukan dalam waktu sekitar 4 atau 5 hari saja. Dan setiap pelajaran hanya diberi batas waktu selama 2 jam. Jika lama menuntut ilmu dan ujian itu dikalkulasi, sungguh tidak sepadan.

Tapi apa daya, yang berkuasa memilih jalannya UN. Tapi anehnya UN kali ini ada UN ulangan, semacam remedial kalau di sekolah. Buat apa diadakan UN kalau diadakan ulangan? Sudah saja pihak sekolah yang mengadakan ujian, tak usah menghabiskan biaya besar untuk Ujian Nasional.

Tapi sudahlah, kini UN tinggal menghitung hari. Persiapan semakin di maksimalkan, menghadpi soal-soal sudah menjadi makanan sehari-hari tapi masih saja bingung.

Aku hanya bisa berharap lulus dengan nilai yang memuaskan dan setelah itu dapat terpilih di PTN yang diinginkan. Aamiin…