Staritiy Vaganza @ITB

Staritiy Vaganza @ITB

Kegiatan seperti apa sih yang selalu dilakukan saat weekend hadir? Apalagi saat long weekend di depan mata, jalan-jalan, nonton, belanja, atau cukup saja diam di rumah?

Udah standar banget sih kalau cuma jalan, nonton, belanja apalagi hanya berdiam diri di rumah tanpa pergi kemana pun. Alhamdulillah long weekend aku yang dari hari sabtu sampai senin bisa terisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat banget, ya walaupun hari sabtu hanya berdiam di rumah.

Hari Minggu tanggal 19 Juli 2009 ada acara di ITB tepatnya di gedung Alba, yang ngadain KARISMA-ITB. Acara itu diberi nama “Staritiy Vaganza” jadi terdiri dari beberapa acara gitu, intinya kumpul blogger pelajar deh😀 Nah penasaran acaranya kayak gimana? Liat aja di bawah ini:😉

  • Teater Kayu

Acara ini dibuka oleh penampilan teater dari Teater Kayu, awalnya saya kaget karena mereka muncul tiba-tiba dari arah belakang. Namun saya sangat salut dengan panampilan dan isi dari teater itu, sungguh sangat bermakna dan dalam sekali. Mungkin memang membingungkan pada awal-awalnya, tapi saat saya benar-benar memperhatikan apa yang mereka tampilkan saya pun dapat menerima makna yang disampaikan dari teater itu. Bagus banget deh pokoknya, lucu juga dandanan mereka. Tapi pesan yang mereka angkat dan sampaikan memang benar-benar terjadi di kehidupan saat ini, tentang sekolah yang hanya dapat menjanjikan kepuasan dan kebahagiaan yang sesaat. Padahal yang harus diutamakan adalah kualitas dari sistim pengajaran dan hasilnya. Bukan dilihat dari iming-iming yang disebar luaskan ke masayarakat.

Pokoknya benar-benar bagus deh pembukaannya, kapan ya bisa maen teater atau drama lagi?😀 malah curhat saya sangat haus akan penampilan-penampilan teater berikutnya dengan tema yang jauh lebih bagus dan bermakna.

  • Talkshow

Nah setelah acara dibuka dengan penampilan teater dan oleh MC pastinya, mulailah masuk pada acara inti yaitu talkshow dari orang-orang yang sudah berpengalaman dan terkenal, pastinya dengan ilmu-ilmunya dan pengalamnnya. Siapa saja dan apa saja yang disampaikannya? Intip yuk!!!

1. Mba Ollie a.k.a Salsabeela “ngeBlog Asyik”

Mba Ollie yang sudah terkenal di dunia maya dan CEO kutukutubuku.com membagi-bagikan pengalaman dan ilmunya tentang apa itu blog. Disana beliau bercerita bagaimana saat pertama kali beliau mengenal apa itu blog dan aktifitasnya dalam dunia blogg. Beliau pun membagikan ilmunya mengenai blog dan apa saja yang dapat diposting di blogg kesayangan kita. Sungguh sangat bermanfaat sekali.. Karena apa yang beliau sampaikan sangat meninspirasi saya dalam berkarya, saya semakin haus akan karya-karya dan hadirnya saya di dunia maya dengan karya dan hasil imajinasiku.

2. Pak Budi Rahardjo “ngeBlog? Siapa Takut!!”

Pembicara kedua ini adalah salah satu dosen ITB.

Beliau menyampaikan beberapa masalah dan solusi bagi mereka yang takut untuk ngeBlog. seperti saya saat dulu Ya, terkadang kita suka merasa takut dengan tulisan yang kita muat, padahal kenapa kita harus takut? Itu adalah karya kita kalau memang jelek dan kurang baik mungkin nanti akan ada yang memberi saran sehingga kita bisa memperbaikinya di waktu yang akan datang. Tapi dalam kebebasan berekspresi tetap ada batasan-batasan atau etika yang harus kita perhatikan, mulai dari bahasa, isi, juga pendapat yang kita kemukakan. Kita pasti memiliki gaya menulis yang berbeda-beda, namun sebisa mungkin kita harus bisa menjaga selera para pembaca blogg kita.😀

Dengan penjelasan beliau, yang pada sebelumnya adalah penjelasan dari Mba Ollie membuat saya semakin haus akan keberadaan saya dalam ngeBlog dan menulis yang pastinya.

3. Pidi Baiq

Siapa sih yang gak tahu dengan nama “Pidi Baiq”? Seorang penulis yang kini tengah naik daun😀 penulis Drunken. Dengan gayanya yang kocak dan cukup mahiwal (lain dari yang lain), beliau membagi-bagikan pengalaman dan ilmunya dalam hal menulis dan bagaimana kreatifitas bisa kita miliki dan sapat kita tuangkan dala sebuah karya. Ya tak ada teori khusus memang mengenai sebuah kreatif, karena kreatif atau tidaknya seseorang sebenarnya bagaimana cara dia berpikir dan berimajinasi. Selain itu keinginan dan niat juga menjadi faktor utama dalam kreatifitas, sayang sekali jika kita kreatif namun tak ada niat dan keinginan untuk menyalurkannya.

Kreatifitas seseorang dapat didapatkan mulai dari hal yang paling terkecil dan sepele, namun menghasilkan sebuah karya yang sangat luar biasa. Sesi ini sangat membuat saya semakin haus akan kreatifitas diri saya dalam dunia menulis, sesuai dengan hobi. Percuma jika hobi dan ide  itu saya miliki namun tak ada niat dan kemauan untuk menyalurkannya, maka semua akan sia-sia. Maka dari itu darisana saya berniat untuk jauh lebih rajin lagi dalam kegiatan menulis.😀 Haus tingkat tinggi😀

  • Launching web AGREGATOR khusus PELAJAR “blogpelajar.com”

Dalam acara Staritiy Vaganza ini, selain talkshow ada juga launching web agregator khusus pelajar yang beralamat di http://kantinpelajar.com/. Web ini khusus bagi para pelajar SMP dan SMA, nah bagi para pelajar dapat mendaftarkan bloggnya masing-masing disini, secara otomatis postingan kalian akan muncul disana.🙂 Kita juga pasti bisa berkunjung ke rumah tema-teman kita yang beda sekola bahkan beda kota.😀

Dengan launchingnya web ini, semakin hauslah saya untuk tetap berkarya😀

  • Hiburan

Selain acara-acara yang udah sedikit saya ulas di atas, ada beberapa hiburan juga dari beberapa penampil. Diantaranya Edcoustic (Nasyid favoriteku), Cahaya Lentera, dan Einstein.

Piagam Penghargaan 1000 Blog Karya PELAJAR Indonesia :-) @Starity Vaganza

Piagam Penghargaan 1000 Blog Karya PELAJAR Indonesia🙂 @Starity Vaganza

Selain talkshow dan launching web, Staritiy Vaganza mengumumkan para pemenanng dari ajang “100 Blog karya PELAJAR Indonesia”. Dan alhamdulillah saya termasuk kedalam 15 pelajar itu.🙂 Tak pernah menyangka bahkan untuk sekedar membayangkan pun saya tak berani. Sejarah saya ikut ajang tersebut adalah karena saya mendapatkan ajakan dari Kakak Kelas saya yang memberi tahu disaat pendaftaran hanya tinggal beberapa jam saja.🙂 Dan pada hari Sabtu tanggal 18 Juli 2009 saya mendapat email dari panitianya, dan saat saya buka pengumuman nama “shiny.panda” tertera disana.🙂 Sedikit tidak percaya karena waktu itu saya buka hampir tengah malam, karena sore email itu tidak bisa dibuka. Alhamdulillah… Di acara tersebut saya mendapat piagam penghargaan dan hadiahnya nyusul tentunya. Tapi baru saja tadi siang saya dihubungi oleh panitia untuk mengirimkan suatu alamat, semoga saja untuk pengirimiman hadiah. Amin…  Udah banyak ditanya tentang masalah hadiah sama teman yang dari luar bandung yang masuk juga , makannya saya baru post sekarang itu sih baru mood aja  :P

Banyak banget deh manfaat dan ilmu yang dapat diambil dari acara tersebut. Kapan ya acara seperti ini ada lagi?

Ngomong-ngomong tentang judulku Kumpul Blogger yang “Menghauskan” tahu gak sih kenapa pake kata “Menghauskan”?

Dalam beberapa pembahasan, ada yang jauh lebih parah hausnya loh… Bukan haus lagi, tapi super duper menghauskan, yaitu dehidrasi tingkat tinggi yang membuat kepala lumayan berat dan lemes. Tak ada minuman untung beli itu juga pas jam 2 sore, dan makan siang paling sore. Rekorlah pokoknya😀 Piss🙂