Sendiri

Sendiri

Terkadang aku bingung memikirkan keadaan yang terjadi di sekitarku, aku mempunyai banyak teman dan sahabat. Bahkan mereka selalu ada disaat aku sedih ataupun senang, aku pun memiliki keluarga yang sangat perhatian dan sayang kepada diriku meski kita jauh karena jarak dan keadaan yang memisahkan. Namun semua itu tetap aku syukuri karena aku adalah salah satu makhluk Allah SWT yang sangat beruntung lain daripada yang lain. Tapi entah mengapa, aku heran dan masih bertanya-tanya dengan apa yang aku rasakan akhir-akhir ini. Belakangan ini aku merasakan suatu keadaan yang sangat mengganggu kenyamananku dalam melakukan apapun, aku selalu merasa sendiri, sepi, bahkan terkadang aku merasakan sedih yang entah karena apa. Padahal mereka ada bersamaku, selalu setia menemaniku dalam keadaan apapun dan aku pun yakin Allah SWT akan selalu ada bersamaku walau seperti apapun keadaanku saat ini. Tapi mengapa rasa sepi, sendiri, dan sedih kerap sekali datang menghampiriku saat ini?

Terkadang mereka selalu bertanya “ada apa dengan dirimu? akhir-akhir ini kau nampak murung tak seperti biasanya, kini hari-harimu selalu dipenuhi rasa sedih dan keadaanmu yang murung”. Aku hanya bisa terdiam dan mencerna setiap kata yang mereka tanyakan, dan saat aku sendiri tanpa ada orang lain aku pun bercermin mencari tahu ada apa dengan diri ini?

Adakah sebuah perasaan yang tak terwujud atau keinginan dan harapan yang tak tersampaikan? Entahlah, aku pun masih mencari jawaban atas perasaan-perasaanku selama ini.

Aku harap ini hanya sebagian kecil dari keegoisanku sebagai seorang anak gadis yang tengah beranjak mencari jati dirinya dan tujuan hidupnya. Mungkin ini hanya akan terjadi sesaat sampai aku bisa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaanku selama ini.

Aku ingin mencoba menjadi tegar karena perjalanan hidup ini, aku ingin dewasa karena kesadaran hati bukan karena siapapun dan karena apapun. Karena akulah yang harus mempertanggung jawabkan kehidupanku kelak.

Semoga sepi, sendiri, dan sedih hanyalah sebuah bumbu kehidupan yang hanya akan mengisi hari-hariku secara sementara sampai jawaban-jawaban itu tengah aku dapati.

Aku  hanya ingin bahagia bersama mereka yang aku sayangi dan aku cintai, dan aku pun ingin selalu mencintai Allah SWT jauh lebih besar dari rasa cintaku terhadap makhluk-Nya sekalipun itu adalah keluargaku.