Kebahagiaan adalah suatu keadaan yang sangat didambakan oleh semua orang bahkan semua makhluk di muka  bumi dan seluruh jagat raya. Tak ada manusi yang tak ingin bahagia sekalipun bayi yang baru lahir ke muka bumi ini. Semua orang ingin merasakan dan mendapatkan kebahagiaan itu.

Kebahagiaan bisa didapatkan dalam bentuk apapun, dimanapun, dan kapanpun. Asalkan kita bisa dan mampu menciptakan juga menjaga kebahagiaan itu. Namun, suatu kebahagiaan tidak hanya bisa kita dapatkan melalui materi, penghargaan, jabatan, dan keadaan. Kita tidak harus bersedih bahkan menderita hanya untuk mendapatkan kebahagiaan itu. Mengapa demikian?

Tuhan itu maha adil, maha bijaksana, dan maha penyayang. Dia telah menciptakan semuanya dengan maksud dan tujuan yang amat sangat bijaksana. Kita bisa mendapatkan bahagia lewat semua ciptaan-Nya, dan sifatnya jauh lebih abadi dibandingkan dengan apapun baik materi, gelar, bahkan penghargaan sekalipun. Dengan ciptaan-Nya kita bisa merasakan bahagia yang begitu besar dan kita bisa terus bersyukur atas semuanya.

Lihatlah langit malam!

Begitu gelap tanpa cahaya. Tak ada keindahan yang terpancar dari atas sana, tapi Tuhan itu sungguh maha pemurah. Beliau menciptakan satu bulan sebagai penerang dan beribu bintang sebagai hiasan dan keindahan pada malam hari. Kita merasa senang saat menatap dan menikmati keindahan itu.

Cobalah kau rasakan hangatnya mentari, sinar dan cahanya memberikan energi bahkan kehidupan pada seluruh makhluk di bumi. Tapi tak selamanya mentari itu akan bersinar, suatu waktu langit akan mendung dan meneteskan air langit ke permukaan bumi. Bumi ini menjadi sejuk dan subur kembali, semua makhluk yang kekeringan dan kepanasan merasakan kesejukan dan kesegaran dengan beribu tetes air yang jatuh dan mendarat di bumi. Hujan pun akan reda memberikan kesempatan kepada matahari untuk bersinar kembali. Matahari itu muncul dari balik awan yang kembali cerah, pembiasan pun terjadi antara cahaya matahari dan air, hingga muncullah pelangi dengan warna-warna indahnya dan lengkungan cantiknya.

Cobalah kau renungkan semua itu! Bulan, bintang, matahari, hujan, juga pelangi bisa membawa keindahan dan kebahagiaan bagi kita yang mengetahui makna dari beribu rahasia yang tersembunyi di dalamnya.

Ini adalah salah satu potongan cerpenku yang belum jadi. Masih dalam proses untuk penyelesaian, berharap sih jadi sebuah novel. Tapi cerpen aja dulu, tapi sayanganya baru sampe 6 halaman dan baru mau pemunculan konflik. Padahal dari pas libur semester 1 kemarin, dimulai sejak pada tanggal 30 Desember 2008 dan sekarang gak keterusin.😦